PERMAINAN MATEMATIKA : Menebak Tanggal Lahir Orang Lain

Ini adalaah sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan anda bisamenetahui tanggal lahir teman orang lain melalui perhitunagn anak-anak. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?

Picture
Begini, misalnya anda memilki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak menetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahunnya.

Begini cara pertamanya:

Ada tiga option yang hrus dipilih salah satu pada langkah pertama ini :

1. Apabila teman anda (yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya).

2. Apabila teman anda (yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berrhitung , maka suruhlah dia memegang kalkulator (untuk digunakan menghitung nanti tentunya)

3. Apabila teman anda (yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator,mending jangan diteruskan permainan ini,soalnya nanti sis-sia saja (ya iya lah).

Kemudian suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:

A. Mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X5).

B. Hasil perhitunagn pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A+6)

C. Hasil perhitunagn pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B×4).

D. Hasil perhitunagn pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C+9).

E. Hasil perhitunagn pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D×5).

F. Hasil perhitunagn pada langkah E tambahkan denagn bulan kelahirannya.

(NB: Januari = 1, Februari = 2, dst)

Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitunganny kepada anda, lalu anda kurang hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci ,yaitu 165 (hhasil perhitungan – 165 ) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.

Contoh:

Hasil perhitunagn tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 1767. Hasil itu dikurungi 165, jadi 1767-165=1620. Yap 1602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 16 bulan 2.

Sekang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda . SELAMAT MENCOBA!

Cr: Majalah Mardika

About dwihwilestari

Mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sriwijaya
This entry was posted in Permainan Matematika. Bookmark the permalink.

Leave a comment